SEO Untuk Website Baru - Web Designer Jakarta
October 5, 2014 admin

SEO Untuk Website Baru

SEO

Hal ini dapat waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk mendapatkan peringkat teratas SEO tapi Anda bisa kehilangan peringkat ini dalam hitungan jam. Dengan pemikiran ini, di sini adalah seperangkat pedoman untuk membantu mempertahankan nilai SEO website Anda dan meminimalkan dampak negatif terhadap peringkat Anda.

Mempertahankan URL dan Menghubungkan Struktur

Jika website Anda telah online untuk sementara waktu maka Anda telah membangun beberapa kemungkinan nilai untuk website saat Anda melalui link internal dan inbound. Sebelum Anda mengembangkan situs web baru Anda sangat penting untuk diingat bahwa setiap perubahan ke URL dari setiap halaman yang sudah ada akan mengurangi nilai dari halaman tersebut. Dengan pemikiran ini, dan sedapat mungkin, Anda harus mempertahankan URL yang sama dan menghubungkan struktur dalam situs web baru Anda.

Jika situs Web Anda memiliki sejumlah besar halaman yang diindeks oleh Google atau jika halaman internal di website Anda saat ini sudah peringkat Anda harus menggunakan struktur URL yang sama atas halaman tersebut sehingga semua link sebelumnya tidak perlu dialihkan. Jika website Anda saat ini menggunakan struktur link search-engine-friendly itu akan menjadi yang terbaik untuk tujuan SEO jika struktur yang dilakukan di situs web baru Anda.

Mengarahkan URL Lama

Sekarang tentu saja akan menjadi ideal untuk SEO situs web Anda jika Anda dapat menyimpan URL yang sama tetapi dalam beberapa kasus Anda mungkin tidak bisa. Misalnya, mungkin ada beberapa halaman pada website lama yang tidak lagi ada apabila situs baru diluncurkan, seperti produk tua atau kategori.

Dalam kasus ini, meskipun link tua mungkin tidak lagi ada dalam situs web baru Anda masih dapat mempertahankan banyak nilai SEO  menyiapkan 301 redirect dari URL lama ke URL yang sama atau sesuai di situs baru. Jika tidak ada halaman yang sesuai di situs baru maka Anda cukup setup redirect untuk pergi ke situs Anda.

Sebuah 301 redirect memberitahu search engine bahwa halaman telah permanen dipindahkan ke lokasi baru. Setelah ini diambil, setiap kali seseorang mencoba mengakses URL lama maka secara otomatis akan mengarahkan mereka ke URL baru. 301 pengalihan dapat setup dengan menggunakan file htaccess di server Linux atau melalui backend server Windows.

Google Analytics

Umumnya diabaikan oleh banyak pengembang selama keributan peluncuran sebuah situs web baru Anda mentransfer kode Google Analytics ke situs baru sebelum peluncuran. Melakukan hal ini memastikan bahwa tidak ada analisis data yang hilang ketika situs baru diluncurkan, memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana website baru ini melakukan segera. Anda juga dapat membuat anotasi dalam Google Analytics untuk tanggal situs baru yang diluncurkan. Hal ini akan berguna jika Anda membandingkan kinerja situs web sebelum dan setelah peluncuran.

Pelacakan Konversi

Sebuah situs web baru juga bisa berarti bahwa akan ada tindakan baru yang tersedia di situs Web Anda, atau sesedikit mungkin melakukan perubahan yang sudah ada. Mungkin Anda memiliki bentuk penyelidikan yang baru atau mungkin bagian e-commerce baru untuk menjual produk.

Jika Anda memiliki target konversi baru tersedia ketika meluncurkan situs baru, pastikan untuk menambahkan Tujuan baru di Google Analytics, atau perangkat lunak pelacakan lain yang Anda gunakan, dengan menggunakan ‘terima kasih’ URL halaman. Jika Anda memiliki URL baru untuk jenis yang sama konversi Anda harus memperbarui URL pelacakan Tujuan ketika situs baru diluncurkan.

Selain itu, jika Anda memiliki kampanye iklan pun berjalan, seperti Google AdWords, Anda akan perlu menginstal kode pelacakan konversi pada ‘terima kasih’ halaman baru juga.

Title Tag & Meta Tag

Jika Anda dioptimalkan situs lama anda untuk SEO maka Anda mungkin diperbarui judul dan tag meta tag website Anda. Ketika meluncurkan website baru, Anda mungkin perlu kembali mengoptimalkan situs baru dengan cara yang sama menggunakan target kata kunci SEO.

Apapun yang mungkin terjadi Anda harus selalu meninjau website baru sebelum peluncuran untuk memastikan dioptimalkan untuk search engine. Jika halaman Anda atau halaman internal dari situs lama yang sudah peringkat dan Anda ingin menyimpan mereka peringkat maka Anda juga harus memastikan bahwa website baru mempertahankan tag judul yang sama dan tag meta untuk setiap halaman.

Dan pastikan untuk mengoptimalkan tag judul dan deskripsi meta tag untuk setiap halaman baru yang telah dibuat, untuk membantu mereka peringkat lebih baik.

Home Page Link

Sebuah kesalahan umum yang dibuat pada banyak situs Web adalah memiliki beberapa versi dari homepage, misalnya, situs web dapat ditampilkan seperti example.com, example.com www.example.com, / index.html, dll Ini adalah praktek terbaik SEO memastikan home page dapat diakses melalui URL yang tunggal (misalnya www.example.com) dan kemudian memastikan bahwa setiap halaman menghubungkan ke halaman rumah menggunakan URL ini di link. Ini termasuk menu navigasi, logo, link footer dan sebagainya.

Selain itu, sekali format yang lebih disukai dipilih (dengan atau tanpa ‘www’ pada URL) 301 redirect harus setup untuk mengarahkan format lain ke versi yang lebih disukai. Misalnya, jika Anda lebih memilih untuk menampilkan website Anda sebagai www.example.com, maka anda harus men-setup sebuah redirect untuk memastikan versi non-www dari situs tersebut diarahkan ke versi www situs.

Footer Links

Internal menghubungkan sangat penting dalam SEO untuk memungkinkan mesin pencari untuk dengan mudah menemukan berbagai bagian situs Web Anda. Selanjutnya, teks jangkar di link digunakan oleh mesin pencari untuk membantu menentukan topik dari suatu halaman web. Footer link di situs Web adalah salah satu metode terbaik untuk membantu mesin pencari untuk menemukan konten di situs Anda, untuk halaman indeks internal, dan untuk mengidentifikasi isi dari halaman internal. Ketika meluncurkan website baru, pastikan untuk menggunakan link footer yang memiliki tujuan dan menggunakan jangkar teks yang sesuai dengan kata kunci yang Anda ingin halaman situs web Anda untuk peringkat.

Kirim ke Google Sitemap Terbaru

Setelah website baru selesai dan diluncurkan, Anda harus membuat sitemap XML baru dan mengirimkannya ke Google untuk pengindeksan lebih cepat dari situs baru. Sebuah alat perangkat lunak yang besar yang secara otomatis menghasilkan sebuah sitemap XML adalah XML-sitemaps.com.

Setelah file sitemap untuk website baru dihasilkan, meng-upload ke folder root dari situs anda dan menyerahkan file tersebut di bagian Peta Situs dari Google Webmaster Tools.

Monitor Google Webmaster Tools

Dengan semua perencanaan yang dapat masuk ke meluncurkan website baru, masih bisa contoh dari masalah teknis atau penurunan peringkat. Bagian Diagnostik dari Google Webmaster Tools menawarkan berbagai pilihan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah ini.

Selama beberapa minggu pertama setelah launching website baru Anda, Anda harus memeriksa bagian Webmaster Tools untuk melihat apakah Google telah mengambil kesalahan apapun. Secara khusus, ada dua bagian untuk memantau erat:

 

  • Kesalahan crawl – Bagian ini memberikan daftar halaman bahwa Google tidak dapat mengakses, rincian kesalahan, dan dalam beberapa kasus sumber kesalahan. Alat ini juga bisa sangat bermanfaat dalam mengidentifikasi setiap halaman dari website lama yang tidak lagi ada dan yang terlewatkan selama langkah di atas. Apapun alasannya, jika ada URL yang tercantum dalam bagian ini Anda baik harus menyelesaikan masalah dengan halaman tertentu atau setup 301 redirect ke sebuah halaman yang sama.
  • Optimasi HTML – Alat ini mengidentifikasi kesalahan pada judul dan meta tag isi dari situs web Anda, seperti hilang atau menggandakan tag judul. Semua halaman tercantum di dalam bagian ini harus dioptimalkan untuk search engine seperti yang disarankan di atas.

 

Mengikuti saran ini pasti akan membantu Anda menjaga peringkat Anda susah payah dan lalu lintas. Pastikan untuk menjaga dalam pikiran sebelum memulai pembangunan di website baru Anda, dan bahkan meneruskannya kepada web designer anda. Sebagian besar dari kita pernah mendengar bahwa pencegahan adalah obat terbaik, dan meluncurkan website baru tidak berbeda. Ini jauh lebih mudah, dan umumnya lebih murah, untuk mencegah masalah terjadi daripada memperbaikinya.

 

TimeLinesPro | Webdesign | Social Media Marketing | Maintenance & Development

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestmailFacebooktwittergoogle_plusredditpinterestmailby feather Tagged: , ,